Sadap WhatsApp dan Cara Ampuh Mencegahnya

Sadap WhatsApp dan Cara Ampuh Mencegahnya, Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: Whatsapp

Whatsapp merupaka salah satu aplikasi sosial media chatting yang sangat populer, khususnya di Indonesia. Sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia pasti menggunakan aplikasi ini untuk berhubungan satu sama lain.

Ada banyak kelebihan yang menyebabkan orang-orang di Indonesia memilih menggunakan Whatsapp. Selain karena penggunanya memang sudah menjamur di Indonesia, Whatsapp memiliki UI dan UX yang user friendly, menjadi salah satu alasan banyak orang Indonesia yang memilih untuk menggunakannya.

Sadap Whatsapp

Sumber: Twitter

Penyadapan merupakan salah satu tindakan, berupa mengakses ataupun mengambil alih akun orang lain tanpa izin. Dalam lingkup ini, biasanya orang melakukan penyadapan Whatsapp untuk melakukan tindak kejahata berupa penipuan terhadap orang yang ada di kontak akun tersebut.

Di lain hal, ada juga motif yang berbeda dari seseorang yang melakukan penyadapan terhadap akun Whatsapp. Salah satunya adalah orang yang ingin memantau ataupun mencurigai pasangannya. Mereka ingin tahu apa saja yang kekasihnya bicarakan ataupun dengan siapa saja dia berbicara.

Berbicara tentang penyadapan, tentu saja ini termasuk dalam sebuah tindakan kriminal yang berpotensi besar merugikan salah satu pihak. Hal ini tentu saja bisa terjadi karena Whatsapp sendiri biasanya berisikan hal-hal penting yang bersifat privasi dan tidak semua orang boleh mengetahuinya.

Bahkan, orang yang telah melakukan tindak penyadapan yang termasuk dalam mengusik kehidupan seseorang dengan metode atau benda apapun bisa dikenakan pasal 31 UU ITE dan UU Telekomunikasi pasal 40.

Cara menyadap Whatsapp

Sumber: Arah Kata

Penyadapan Whatsapp sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang tidak terlalu sulit. Bahkan, tidak perlu keahlian khusus seperti coding maupun hacking yang diperlukan dalam penyadapan Whatsapp.

Berikut ini adalah beberapa cara penyadapan Whatsapp yang biasa dilakukan oleh para pelaku. Semoga bisa membuat kamu lebih waspada terhadap tindakan tersebut.

Menggunakan Whatsapp mod

Cara pertama ini sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan keahlian maupun modal yang cukup besar. Kita hanya perlu mengunduh Whatsapp mod clone yang bisa mengakses akun Whatsapp dalam dua perangkat sekaligus.

Seperti yang telah diketahui, Whatsapp sendiri sama sekali tidak mengizinkan penggunaan akun dalam dua perangkat yang bersamaan. Dengan kehadiran Whatsapp mod, tentunya peraturan itu tidak bisa berlaku lagi.

Menggunakan Whatsapp web

Mungkin banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan fitur tambahan dari Whatsapp berupa Whatsapp web. Situs ini memungkinkan kita untuk membuka Whatsapp dari perangkat komputer atau dekstop.
Akan tetapi, kehadiran Whatsapp web bagaikan pedang bermata dua yang bisa bermanfaat atau merugikan diri kita sendiri. Kehadiran Whatsapp web menjadi salah satu metode bagi seseorang untuk melakukan penyadapan Whatsapp.

Cara mencegah penyadapan Whatsapp

Sumber: Kompas.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah orang menyadap akun Whatsappmu. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu perhatikan!

Verifikasi dua langkah

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memasang verifikasi dua langkah yang memungkinkan kamu untuk mengamankan akun dengan lebih ketat. Dengan ini, orang yang ingin menyadap akunmu harus menghadapi kesulitan karena harus memasukkan kode pin yang hanya diketahui dirimu.

Jangan berikan kode OTP kepada siapapun

Jika kamu tiba-tiba mendapat pesan masuk berupa kode OTP, jangan sampai kode tersebut diketahui orang lain. Karena hal tersebut merupakan salah satu pertanda bahwa ada seseorang yang berusaha masuk ke akunmu.

Kunci aplikasi

Penyadapan melalui Whatsapp web tentunya memerlukan akses ke Whatsapp ponsel terlebih dahulu untuk bisa login di Whatsapp web. Oleh karena itu, jangan membiarkan orang lain untuk membuka Whatsapp tanpa sepengetahuan dirimu.

Pantau Whatsapp web

Ketika Whatsapp web sedang aktif, pasti akan ada notifikasi yang memberikan informasi tentang aktivitas tersebut. Oleh karena itu, kamu selalu bisa memantau ketika ada orang mengakses Whatsapp mu melalui web dan bisa memutuskannya.



Comments