Lakukan Shalat Ini Ketika Bulan Suci Ramadhan

Lakukan Shalat Ini Ketika Bulan Suci Ramadhan, Simak di Sini!

Sumber: NU Online

Bulan suci Ramadhan merupakan bulannya umat muslim, pada bulan tersebut amalan-amalan dilipatgandakan pahalanya. Karena itulah umat muslim tidak boleh melewatkan kesempatan emas ini karena kesempatan ini hanya datang 1x dalam setahun.

Umat muslim dapat memaksimalkan bulan ini dengan mengerjakan amalan-amalan sunnah, namun jangan sampai melewatkan amalan wajib ya. Berikut merupakan amalan-amalan sunnah untuk mendapatkan keutamaan bulan suci Ramadhan.

1. Shalat Sunnah Sebelum Shalat Subuh

Sumber: DetikNews

Baik itu bulan Ramadhan maupun bulan lainnya, shalat sunnah 2 rakaat sebelum subuh sangatlah dianjurkan. Mengapa? Karena shalat sunnah 2 rakaat sebelum subuh lebih baik dibandingkan dengan dunia dan seisinya.

Sangat disarankan untuk mandi terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat sunnah. Jangan lupa untuk melakukan shalat subuh di masjid secara berjamaah agar pahalanya berlipat ganda.

2. Shalat Isyraq

Sumber: Bondowoso Network

Setelah shalat subuh, umat muslim dapat melakukan shalat sunnah Isyraq, waktunya adalah waktu Syuruq. Waktu Syuruq adalah waktu pada awal waktu duha atau 10 hingga 15 menit setelah matahari terbit.

Diantara selang waktu shalat subuh dan shalat isyraq, umat muslim dapat melakukan tadarus atau berdzikir. Shalat ini dapat dilakukan di masjid maupun di rumah.

Baca juga: Aturan Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan New Normal

3. Shalat Duha

Sumber: iNews.id

Shalat sunnah selanjutnya adalah shalat duha, shalat ini dapat dilakukan 2, 4, 6, hingga 12 rakaat. Waktunya adalah dari terbitnya fajar sampai dzuhur, shalat ini lebih baik dilakukan ketika matahari sedang berada di atas kepala (beberapa menit sebelum dzuhur).

Bagi yang bekerja ketika bulan Ramadhan, biasanya tempat kerja akan memberikan waktu istirahat pada pukul 10.00. Umat muslim dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan shalat sunnah duha ini. 

4. Shalat Tarawih

Sumber: Artikula.id

Sepulang penatnya bekerja, masih ada shalat sunnah yang dapat kita lakukan, shalat sunnah ini sangat identik dengan bulan Ramadhan, yaitu shalat sunnah tarawih. Shalat sunnah ini biasanya dilakukan setelah shalat Isya, diantara shalat sunnah tarawih dan shalat isya umat muslim dapat melakukan shalat sunnah ba’diyah isya.

Ada yang melakukan shalat sunnah tarawih 20 rakaat, ada juga yang melakukannya dengan 8 rakaat. Setelah tarawih jangan pulang terlebih dahulu, karena shalat sunnah tarawih biasanya diiringi dengan shalat sunnah witir.

5. Shalat Witir

Sumber: Berita Buku Terkini

Meskipun shalat sunnah witir cukup identik dengan bulan suci Ramadhan, namun sebenarnya shalat sunnah ini juga dapat dilakukan di bulan lainnya. Sesuai dengan namanya yang mana witir berarti ganjil, shalat sunnah ini dilakukan dengan jumlah rakaat ganjil.

Shalat ini biasanya dilakukan setelah shalat sunnah tarawih, jadi disarankan untuk tidak pulang terlebih dahulu setelah shalat sunnah tarawih karena masih ada shalat sunnah witir. Setelah shalat witir, pada bulan suci Ramadhan biasanya ada kegiatan tadarus bersama yang diselenggarakan oleh ustad setempat.

6. Shalat Tahajud

Sumber: Suara.com

Sebelum sahur, mari maksimalkan kesempatan emas ini dengan melakukan shalat sunnah tahajud. Mungkin banyak orang yang selalu ketiduran padahal ingin shalat sunnah tahajud meskipun telah memasang banyak panggilan alarm.

Karena di bulan suci Ramadhan kita harus sahur, maka kita pasti bangun pada dini hari dan kita bisa melakukan shalat sunnah tahajud terlebih dahulu sebelum makan sahur. Dengan demikian, maka umat muslim telah mencoba untuk memaksimalkan bulan suci ramadhan.

Cobalah untuk melakukan amalan-amalan shalat sunnah tersebut pada setiap bulan suci Ramadhan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar artikel ini bermanfaat bagi banyak orang.


Comments