Kenali Tokoh Penemu Telepon Antonio Santi Giuseppe Meucci

Kenali Tokoh Penemu Telepon Antonio Santi Giuseppe Meucci, Simak di Sini!

Sumber: Jadiberita.com

Kita mungkin sudah sering mendengar bahwa penemu telepon adalah Alexander Graham Bell. Namun ternyata ada penemu telepon lain selain Alexander Graham Bell. 
Penasaran dengan siapa tokoh yang telah menciptakan telepon sebelum Alexander Graham Bell? Berikut adalah tokoh yang berhasil menciptakan telepon. 

Siapa Antonio Santi Giuseppe Meucci?

Sumber: Okezone Edukasi

Penemu telepon bersama Graham Bell adalah Antonio Santi Giuseppe Meucci. Buku “100 Ilmuan & Penemu Terpopuler di Dunia” menjelaskan bahwa Antonio menemukan telepon sebelum Alexander Graham Bell, seorang penemu Italia yang pernah tinggal di Kuba sebelum pindah ke Amerika Serikat. 
Diketahui bahwa ia telah bekerja di beberapa perusahaan dalam hidupnya. Sebelum hijrah bersama istrinya, ia bekerja di Perusahaan Teatro della Pergola hingga tahun 1835. 


Kemudian dia berhenti bekerja di sebuah perusahaan dan melanjutkan karirnya di Teatro Tacón di Havana, Kuba. Setelah bermigrasi, Antonio melakukan berbagai penelitian tentang hal-hal baru.
Berbagai hal telah ia coba, ia bukanlah orang yang mudah menyerah, sehingga semangatnya untuk menemukan hal-hal baru tidak pernah surut, jauh sebelum ia berhasil menemukan telepon, Antonio sudah mulai mengembangkan energi listrik. Waktu itu, Atonio berhasil mengembangkan setrum listrik.
Perangkat setrum listrik yang ia kembangkan dikenal dapat meringankan dan bahkan menyembuhkan penyakit. Penemuan setrum listrik menarik perhatian banyak orang dan membuat nama Antonio Meucci dikenal luas. 

Kemudian, Antonio melakukan penelitian pada alat yang membuat manusia bisa berkomunikasi meskipun tidak berdekatan. Sayangnya, ia harus pindah dari Staten Island, New York, selama masa percobaannya pada tahun 1850. Kepindahannya membuat hidupnya kurang nyaman karena jatuh miskin. Seorang peneliti yang ulet, kondisi ekonomi tidak memungkinkan Antonio menyerah. 
Ia melanjutkan penelitiannya untuk menemukan alat komunikasi jarak jauh.Tidak hanya kehilangan harta bendanya, Antonio juga diketahui menderita penyakit serius yang memaksanya untuk menjual barang-barang pribadinya untuk menutupi kebutuhan hidup dan pengobatan. 

Perjuangan Antonio Dalam Menemukan Telepon

Sumber: Biografi - Kamukamu

Terlepas dari segala kesulitan yang dialaminya, Antonio berhasil sembuh dari penyakitnya. Ia kembali bekerja untuk menyelesaikan proyek penelitiannya hingga akhirnya pada tahun 1849, ia berhasil menyelesaikan penelitiannya dan pertama kali menemukan telepon.
Kemudian dia mematenkan penemuannya pada tahun 1871, atau 20 tahun setelah penelitiannya selesai. Sayangnya, Antonio hanya mampu membayar patennya selama satu tahun. 

Antonio tidak menyerah, dia akhirnya mulai mempresentasikan temuannya ke perusahaan telegraf, yaitu Perusahaan Telegraf Western Union. Namun, Antonio tidak pernah bisa bertemu dengan wakil presiden perusahaan. 
Setiap ingin bertemu, wakil presiden selalu bilang sibuk. Hingga dua tahun kemudian, ponsel Antonio ditemukan hilang.

Mendengar kabar tersebut, dia sangat terpukul dan merasa perjuangannya telah sia-sia, dan penemu telepon lain bernama Alexander Graham Bell tiba-tiba muncul. Ketika Antonio menerima berita itu, dia menyewa seorang pengacara untuk memprotes Kantor Paten Amerika Serikat.
Sayang, upaya Antonio gagal dan dia harus mengaku kalah di pengadilan. Semua 20% keuntungan dari penjualan telepon masuk ke Western Union.
Merasa dikhianati oleh Western Union, perjuangan Antonio berakhir pada 18 Oktober 1889, ketika ia dinyatakan meninggal pada usia 81 tahun.

Penutup

Sumber: Barisan.co

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai sejarah perjalanan Antonio Santi Giuseppe Meucci yang diketahui sebagai seorang seniman dan menyukai hal mengenai kelistrikan hingga akhirnya menemukan telepon sebelum Alexander Graham Bell. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. 


Comments