Ini Dia Silsilah Dewa Olimpus dari Mitologi Yunani Disini!

Ini Dia Silsilah Dewa Olimpus Menurut Mitologi Yunani, Baca Selengkapnya di Sini!

Sumber: IDN Times

Kisah mitologi Yunani tentang dewa-dewi memang sangat menarik untuk diketahui. Kisah perjalanan dewa-dewi Yunani terbagi dalam beberapa silsilah termasuk silsilah dewa olimpus. Apa itu dewa olimpus? Simak pembahasan berikut ini!

Dewa Olimpus 

Sumber: Kompas.com

12 dewa Olimpus dikenal dengan sebutan Dodekatheon dalam mitologi Yunani yang berarti dewa-dewi utama Yunani yang tinggal di puncak Gunung Olimpus dan terdiri dari sekitar 17 dewa-dewi yang dianggap Dewa Olimpus. 

Zeus, Hera, Poseidon, Hermes, Hefaistos, Afrodit, Athena, Apollo, dan Artemis selalu masuk dalam daftar Dewa-Dewi Olimpus dimana dua dari Hebe, Helios, Hestia, Demeter, Dionisos, Hades, dan Persefone yang menjadi pelengkap. 

1. Zeus 

Sumber: Mythopedia

Zeus merupakan raja para dewa dalam mitologi Yunani yang disebut sebagai ayah para dewa dan manusia. Zeus tinggal di Gunung Olimpus yang merupakan dewa langit dan petir. 

Sosok Zeus sering digambarkan dalam posisi berdiri dengan tangan memegang petir atau sedang duduk di tahtanya yang dikenal di Romawi Kuno dan India Kuno. Zeus merupakan anak dari Kronos dan Rea yang disebut dengan Kronide atau anak termuda dari saudara-saudaranya yang lain. 

Zeus seringkali dikaitkan dengan dewa Jupiter dari mitologi Romawi, dewa Amun dari mitologi Mesir, dewa Tinia dari mitologi Etruska, dan dewa Indra dari mitologi Hindu. 

2. Hera 

Sumber: Britannica

Hera merupakan dewi pernikahan dalam mitologi Yunani yang merupakan kakak perempuan sekaligus istri Zeus. Hera merupakan anak dari Kronos dan Rea yang menjadi bagian dari 12 Dewa Olimpus. 

Dalam mitologi Yunani, Hera seringkali dihubungkan dengan Juno, sapi, dan merak yang merupakan hewan keramat. Ia sering digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dengan mahkota yang polos berbentuk lingkaran yang hanya dikenakan beberapa dewi besar saja. 

Hera dikenal atas sifatnya yang pencemburu dan pendendam terutama pada selingkuhan dan anak-anak Zeus. 

3. Poseidon 

Sumber: National Geographic Indonesia

Poseidon sebagai dewa penguasa laut, sungai, dan danau yang memiliki beberapa senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos ( makhluk setengah kuda setengah ikan). 

Poseidon memiliki anak bernama Triton dan Amfitrit adalah istri Poseidon. Poseidon memiliki banyak anak dan merupakan pelindung untuk banyak kota di Yunani meskipun dia gagal mendapatkan kota Athena. 

4. Ares 

Sumber: Buyouts Insider

Ares merupakan dewa perang dalam mitologi Yunani yang merupakan anak dari Zeus dan Hera yang termasuk dalam 12 Dewa Olimpus. Ares merupakan dewa yang haus darah dan dianggap sebagai perwujudan dari pembunuhan.

Ares menguasai alat-alat perang, penyerangan dan pertahanan kota, pemberontakan, penjarahan, kejantanan, dan keberanian. Dalam mitologi Romawi, ia dikenal sebagai dewa Mars. 

Mars merupakan salah satu planet yang dekat dengan bumi dan memiliki 2 bulan yang dinamai berdasarkan nama pengawalnya yakni Fobos dan Deimos dan Maret dianggap sebagai persembahan untuk dirinya. 

Baca juga: 9 Fakta Menarik Mengenai Para Tokoh Penemu Telepon

5. Hermes 

Sumber: Mythopedia

Hermes merupakan dewa pembawa pesan dalam mitologi Yunani yang dilahirkan di Gunung Kellina di Arkadia. Hermes merupakan anak dari Zeus dan Maia yang merupakan salah satu dewa Olimpus. 

Hermes merupakan pelindung daerah perbatasan, para pengelana, gembala, pencuri, penemuan, dan perdagangan. Hermes dikenal sebagai Merkurius dalam mitologi Romawi dan dewa perdagangan menurut mitologi Etruska. 

6. Hefaistos 

Sumber: DeviantArt

Hefaistos merupakan dewa teknologi, pandai besi, pengrajin, pemahat, logam, metalurgi, api, dan gunung berapi menurut mitologi Yunani. Ia merupakan putra dari Zeus dan Hera yang dikenal sebagai dewa pincang. 

Ia seringkali berperan sebagai pandai besi bagi para dewa dan sering membuat berbagai alat dan senjata yang sangat berguna untuk para dewa. 

7. Afrodit 

Sumber: Okur Yazarim

Afrodit merupakan dewi cinta, kecantikan, seksualitas, kenikmatan, dan prokreasi dalam mitologi Yunani. Afrodit merupakan putri dari Zeus dan Dione namun ada versi lain yang mengatakan bahwa Afrodit berasal dari alat kelamin Uranus yang dipotong dan dilemparkan ke laut. 

Karena kecantikannya, para edwa takut bahwa Afrodit akan menimbulkan perpecahan diantara para dewa sehingga Zeus menikahkan Afrodit dengan Hefaistos. 

8. Athena 

Sumber: Grunge

Athena merupakan dewi kebijaksanaan, perang, dan kerajinan tangan. Athena merupakan dewi perang yang dikenal sebagai dewi penolong para pahlawan Yunani. 

Menurut legenda, Athena adalah putri kesayangan Zeus dan ibunya adalah Dewi Metis yang merupakan dewi pemikiran dan kepandaian yang juga terkenal akan kebijaksanaannya.

9. Apollo 

Sumber: Mythopedia

Apollo merupakan anak dari Jupiter dengan dewi Titan bernama Latona. Apollo sendiri bertindak sebagai dewa cahaya, matahari, musik, ramalan, dan obat hingga ilmu pengetahuan. Dalam menjalankan perannya sebaagi dewa ramalan, ia dibantu oleh Oracle dari Delphi yakni Phytia. 

10. Artemis 

Sumber: Greek Reporter

Artemis merupakan saudara kembar Apollo yang lebih sering dipanggil sebagai Diana yang berperan sebagai dewi perburuan, babi, hutan, dan hewan liar. Diana merupakan salah satu dari tiga dewi yang bersumpah untuk menjadi gadis seumur hidup. 

11. Demeter 

Sumber: Mythopedia

Demeter merupakan Ceres dalam mitologi Romawi yang memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup di muka bumi karena berperan sebagai dewi panen, agrikultur, dan kesuburan. Semua tanaman di bumi hampir tidak pernah mati dan gagal panen karena Ceres. 

12. Hephaestus 

Sumber: Kompas.com

Hephaestus dikenal sebagai dewa pandai besi menurut mitologi Yunani. Sedangkan menurut mitologi Romawi, ia dikenal sebagai dewa api yang bertanggung jawab terhdap peristiwa kebakaran yang terjadi di muka bumi. 

Baca juga: Aturan Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan New Normal

Sumber: https://beritakubaru.com/

Comments