Contoh Kerjasama Organisasi Ekonomi ASEAN

Contoh Kerjasama Organisasi Ekonomi ASEAN, Baca di Sini!

Sumber: Maurata.co

Organisasi Ekonomi ASEAN dibuat dengan tujuan untuk mensejahterakan penduduk Asia Tenggara dengan pembentukan pasar dan peningkatan produksi. Anggota negara-negara ASEAN antara lain, Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja, yuk simak informasi contoh kerjasama organisasi ekonomi ASEAN antara lain.

AFTA

Sumber: Kompas.com

AFTA (ASEAN Free Trade Area) adalah salah satu bentuk kerjasama perdagangan bebas antar anggota ASEAN. Tujuannya antara lain untuk menarik minat investor terhadap produk-produk yang dihasilkan negara ASEAN, sehingga persaingan semakin ketat antar negara.

Pengaruh positif setelah Indonesia bergabung dengan AFTA adanya peningkatan ekspor ke negara-negara ASEAN. Namun, kompetensi pun menjadi sulit karena adanya perdagangan bebas.

MEA

Sumber: Ultimagz Online

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau istilah asingnya AEC (ASEAN Economic Community) mulai diterapkan secara bertahap setelah KTT ASEAN ke-9. 

Yang diadakan di Singapura tahun 1992, tujuan dibentuknya adalah untuk peningkatan stabilitas ekonomi di kawasan ASEAN. MEA merupakan pengembangan dari konsep integrasi yang telah disepakati sebelumnya di perjanjian AFTA.

AEM

Sumber: Ruangguru

Pertemuan tingkat menteri ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministerial Meetings) atau lebih dikenal dengan istilan AEM. Pertemuan terakhir yang dihadiri oleh Menteri-Menteri Perdagangan negara ASEAN secara virtual tanggal 16 Maret 2022 menyepakati ATIGA. 

Yakni, peluncuran negosiasi Perundingan Persetujuan Perdagangan ASEAN untuk mendukung sentralitas ASEAN dan menghadapi isu regional maupun global. Melalui pertemuan organisasi ekonomi ASEAN Indonesia menargetkan menyelesaikan sejumlah persetujuan ekonomi ASEAN tahun ini.

Antara lain, Mutual Recognition Arrangement on Building and Construction Materials, ASEAN on Enhanced Dispute Settlement Mechanism, dan Regional Comprehensive Economic Partnership.

Baca juga: Macam Pukulan dalam Bulu Tangkis yang Patut Anda Tahu

RCEP

Sumber: Bea Cukai Bogor

The Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) atau Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional merupakan kesepakatan dagang antara 10 negara ASEAN. Negara lain yang ikut bergabung di dalamnya adalah Cina, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Australia.

RCEP menetapkan aturan umum di sektor perdagangan, kekayaan intelektual, dan e-commerce. PBB dan UNCTAD menganalisis organisasi ekonomi ASEAN dengan 5 negara besar ini akan meningkatkan perdagangan antar kawasan sangat signifikan. 

EAS

Sumber: Kompas.com

East Asia Summit Economic Cooperation (EAS) adalah salah satu forum regional terbuka untuk negara di kawasan Asia Timur. Saat pertama kali dibentuk terdiri dari 10 negara ASEAN dan 6 negara Asia Timur. 

Ke-16 negara itu sama-sama mempunyai tujuan untuk memperkuat ketahanan dan daya saing kawasan. Prinsip tersebut termuat di dalam Deklarasi Kuala Lumpur mengenai pembentukkan EAS di tahun 2005.

AKFTA

Sumber: Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan

ASEAN Korea Free Trade Area (AKFTA) atau perjanjian antar negara-negara ASEAN dengan negara Korea Selatan. Tujuannya menciptakan perdagangan bebas 3 sektor utama, yakni barang, jasa, dan investasi.

Kerjasama ini untuk menjalankan prinsip-prinsip perdagangan internasional yang digagas oleh WTO (World Trade Organization). Korea Selatan merupakan partner dialog ASEAN di tahun 1991 dan terus berupaya bersama negara ASEAN untuk meningkatkan kerjasama di bidang ECOTECH.

Penyedia Cadangan Pangan

Sumber: Anadolu Agency

Indonesia masuk sebagai negara yang mempunyai lumbung padi bersama Thailand dan Kamboja. Selain untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri, Indonesia juga bisa membantu penyedia cadangan pangan dalam kondisi darurat.

Pertemuan Menteri-Menteri Pertanian dan Kehutanan ASEAN ke-38 di Singapura menyepakati pembangunan lumbung pangan di wilayah perbatasan NKRI. Hal itu merupakan salah satu solusi untuk menghentikan impor pangan ilegal yang marak terjadi.

Kerjasama Proyek Industri

Sumber: Amanat.id

Kerjasama proyek industri yang sampai saat ini masih berjalan adalah pupuk urea, abu soda, dan tembaga. Proyek pupuk urea itu merupakan proyek pertama yang dihasilkan oleh negara-negara ASEAN, terletak di Lhokseumawe, Aceh, sedangkan proyek abu soda dikerjakan di Thailand, lalu tembaga di Filipina.

Contoh kerjasama organisasi ekonomi ASEAN ini terus dikembangkan dan berkesinambungan pelaksanaannya. Tujuannya agar negara-negara ASEAN perekonomiannya semakin maju, damai, stabil, dan sejahtera.

Baca juga: 7 Kesenian Daerah Asal Jawa Timur

Sumber: https://beritakubaru.com/


Comments