Waktu yang Tepat Untuk Mengucapkan 7 Kalimat Thayyibah

Waktu yang Tepat Untuk Mengucapkan 7 Kalimat Thayyibah, Simak di Sini!

Sumber: Mizanstore

Al kalimah yang berarti kalimat dan at thayyibah yang berarti baik, jadi kalimat thayyibah adalah kalimat yang bila diucapkan maka pengucapnya akan mendapat pahala karena kalimat thayyibah merupakan kalimat yang berarti baik. 

Meskipun kalimat thayyibah adalah kalimat yang berarti baik, namun kalimat tersebut juga memiliki waktu tertentu untuk diucapkan. Berikut merupakan uraian mengenai waktu pengucapan 7 kalimat thayyibah.

1. Ta’awudz

Sumber: Duta Islam

Kalimat thayyibah ta’awudz berbunyi “A’uudzu billaahi minasy syaithoonir rojiim” yang artinya “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk”. Sebelum membaca Al-Qur’an dan ketika meminta perlindungan adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan kaimat ini.

Kalimat ta,awudz merupakan kalimat yang disunnahkan ketika ingin membaca Al-Qur’an. Selain itu, keutamaan lain dari membaca kalimat ta’awudz adalah dilindungi dari godaan syetan.

2. Basmalah

Sumber: Warta Sambas Raya

Kalimat thayyibah basmalah berbunyi “Bismillaahirrahmaanirrahiim” yang artinya “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. Sebelum memulai kegiatan adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan kaimat ini.

Kalimat basmalah memiliki beberapa keutamaan seperti menjadi penghalang bagi syetan, pengucap akan mendapatkan pahala atas aktivitas yang dilakukannya, mengecilnya syetan menjadi seukuran lalat, dll.

3. Tahmid

Sumber: Islam Kita

Kalimat thayyibah tahmid berbunyi “Alhamdulillah” yang artinya “Segala puji bagi Allah”. Ketika selamat dari suatu musibah dan ketika mendapatkan rezeki adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan kaimat ini.

Mendatangkan keberkahan, memiliki nilai sedekah, ditambah nikmatnya oleh Allah SWT merupakan beberapa keutamaan dari membaca tahmid. Selain itu, tahmid merupakan salah satu kalimat yang dicintai oleh Allah SWT.

Baca juga: Ini Dia Berbagai Manfaat Membaca Ayat Kursi

4. Istirja’

Sumber: Pontren.com

Kalimat thayyibah istirja’ berbunyi “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun” yang artinya “Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nyalah kita akan kembali”. Ketika mendapatkan musibah dan ketika mendengar kabar duka adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan kaimat ini.

Mendapatkan ganti dan keberkahan atas musibah yang dialami adalah salah satu keutamaan dari membaca istirja’. Selain itu, orang yang membaca kalimat istirja’ juga akan mendapatkan pahala serta merupakan tanda kesabaran.

5. Tasbih

Sumber: Berita Properti Indonesia

Kalimat thayyibah tasbih berbunyi “Subhaanallah” yang artinya “Maha Suci Allah”. Ketika melihat atau mendengar hal yang tidak pantas adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan kaimat ini, namun kalimat ini juga boleh diucapkan ketika kagum dan takjub atas indahnya ciptaan Allah SWT.

Menggugurkan dosa, dicintai oleh Allah, dan memiliki nilai sedekah merupakan keutamaan dari membaca tasbih. Selain itu, orang yang membaca kalimat tasbih 10 kali juga akan dihapus 10 kejelekannya dan mendapatkan 10 kebaikan.

6. Tahlil

Sumber: Merdeka.com

Kalimat thayyibah tahlil berbunyi “Laa ilaaha illallah” yang artinya “Tiada Tuhan selain Allah”. Ketika ingin menegaskan tauhid dan ketika hendak masuk islam adalah waktu untuk membaca kalimat tahlil.

Orang yang membaca tahlil akan mendapatkan beberapa keutamaan, diantaranya adalah mendapatkan pahala, dzikir yang paling utama, menghapus dosa, dan memiliki nilai sedekah, dll.

7. Takbir

Sumber: Islam Kita

Kalimat thayyibah takbir berbunyi “Allaahu akbar” yang artinya “Allah Maha Besar”. Ketika melihat tanda keagungan dan kebesaran Allah adalah waktu yang tepat untuk mengucapkan kaimat ini, takbir juga diucapkan ketika shalat dan biasanya dibaca lagi ketika setelah selesai shalat.

Menguatkan keberanian dan semangat untuk menjalani hidup, memiliki nilai sedekah, dan menghapus dosa merupakan beberapa keutamaan dari membaca takbir. Selain itu, mengucapkan kalimat takbir juga akan mendapatkan pahala dan takbir merupakan kalimat yang dicintai oleh Allah SWT.

Itulah uraian mengenai waktu yang tepat untuk mengucapkan beberapa kalimat thayyibah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar menjadi amal jariyah bagi kita semua.







Comments