Inilah 5 Rasul Ulul Azmi yang Menerima Mukjizat Atas Izin Allah

5 Rasul Ulul Azmi yang Menerima Mukjizat Atas Izin Allah, Baca Kisahnya di Sini!

Sumber: Kompas.com

Dalam ajaran agam islam, terdapat 25 nabi dan rasul yang harus kita ketahui dan imani sebagai orang muslim, tetapi hanya sebanyak 5 rasul yang mendapatkan gelar ulul azmi. Apa maksud dari ulul azmi? Ulul azmi merupakan gelar kehormatan yang Allah SWT berikan kepada 5 rasul saja.

Dengan kata lain, ulul azmi diartikan sebagai orang-orang besar, diantaranya terdiri dari Nabi Muhammad SAW, Nabi Isa AS, Nabi Musa AS, Nabi Ibrahim AS, dan Nabi Nuh AS. Berikut ini terdapat 5 rasul ulul azmi beserta mukjizatnya, yaitu:

Nabi Muhammad SAW

Sumber: Mizanstore

Sebagai nabi akhir zaman, Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu rasul yang termasuk dalam ulul azmi. Sejak Nabi Muhammad kecil hingga beranjak dewasa, beliau merupakan sesosok orang yang jujur, tidak pernah berbohong, bahkan tidak melakukan hal maksiat.

Oleh karena itu, sifat teladan dari Nabi Muhammad patut untuk dijadikan contoh untuk seluruh umat manusia sepanjang masa. Mukjizat yang diberikan dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad yaitu Al-Qur’an, serta terdapat beberapa mukjizat lainnya, seperti:
  • Memahami bahasa binatang
  • Membelah bulan ketika sedang melakukan penyebaran islam di Mekkah
  • Dapat memberikan perintah pada bumi dan pohon

Nabi Isa AS

Sumber: Gramedia

Selanjutnya terdapat Nabi Isa AS yang termasuk dalam rasul yang mendapatkan ulul azmi. Diketahui Nabi Isa AS merupakan keturunan dari Ya’Qub bin Ishaq bin Ibrahim.

Nabi Isa AS merupakan sosok yang sangat termuka, baik di dunia maupun akhirat, serta didekatkan kepada Allah SWT, saleh, suci, dan diberkahi. Sebagai umat islam, kita perlu beriman kepada wahyu Allah, seperti yang diturunkan kepada Nabi Muhammad ataupun Nabi Isa, serta ketahuilah mukjizat yang diberkan kepada Nabi Isa dibawah ini:
  • Bisa membuat burung dari tanah liat
  • Dapat menyembuhkan orang yang terkena penyakit parah
  • Dapat menurunkan makanan dari langit

Nabi Musa AS

Sumber: Mizanstore.com

Nabi Musa AS merupakan nabi yang lahir di negeri Mesir ketika Fir’aun masih berjaya. Seperti yang kita ketahui, Fir’aun merupakan raja yang sangat kejam dan terdapat aturan yang harus membunuh bayi laki-laki ketika mereka lahir ke dunia.

Namun, atas izin Allah SWT, Nabi Musa mendapatkan mukjizat, seperti mampu membelah laut merah dengan menggunakan tongkat miliknya. Tujuna membelah laut merah ini yaitu agar bisa melindungi para pengikutnya dari buruan Raja Fir’aun yang mengaku sebagai Tuhan, lalu Fir’aun dan pasukannya pun tergulung air laut dan mati.

Nabi Ibrahim AS

Sumber: Gramedia

Nabi Ibrahim AS menghancurkan segala berhala yang disembah oleh masyarakat sekitar wilayah Namrud, sehingga membuat Raja Namrud yang mengaku memiliki kekuatan menghidupkan dan mematikan makhluk ini ingin menghukum Nabi Ibrahim dengan dibakar hidup-hidup.

Tetapi, atas mukjizat yang diberikan Allah SWT, Nabi Ibrahim yang telah dibakar bisa selamat kembali tanpa luka bakar.

Nabi Nuh AS

Sumber: Gramedia.com

Terakhir, terdapat Nabi Nuh yang bisa membuat kapal besar yang bertujuan untuk menyelamatkan seluruh kaum yang telah beriman kepada Allah SWT, bahkan hewan-hewan pun ikut dengan kapal karena adanya banjir besar.

Dengan adanya bencana berupa banjir tersebut, seluruh orang kafir pun binasa, termasuk putra Nabi Nuh yang telah hidup sebagai anak durhaka.

Itulah ulasan mengenai rasul ulul azmi yang mendapatkan mukjizat atas izin Allah SWT yang perlu diketahui umat islam. Apakah Anda sudah pahami tentang mukjizat dari rasul ulul azmi?



Comments