Ini Dia 10 Alat Musik Gamelan Khas Bali

Ini Dia 10 Alat Musik Gamelan Khas Bali, Sudah Tahu Belum?

Sumber: Wikipedia

Siapa yang tidak kenal dengan Bali, ya pulau ini menjadi salah satu pulau yang menjadi magnet para wisatawan. Bagaimana tidak, Pulau Bali memiliki pesona alam yang luar biasa, tidak heran jika banyak wisatawan nasional maupun mancanegara memilih Bali sebagai tujuan wisata mereka.

Namun, selain memiliki keindahan alam yang mempesona, Bali juga memiliki kultut dan budaya yang masih sangat kental. Hal ini terlihat dari berbagai seni arsitekturnya, bangunannya, upacara keagamaannya, tarian tradisionalnya serta alat musiknya.

Bali juga memiliki seni music tradisional. Music ini diwariskan secara turun temurun. Siapa sangka, Bali juga memiliki alat music gamelan yang dikenal sebagai Gamelan Bali. Musik gamelan Bali sudah ada sejak zaman Pra Hindu Jawa, alat music ini biasanya digunakan untuk mengiringi berbagai upacara keagamaan dan ritual.

Ciri khas dari Gamelan Bali adalah memiliki ritme music yang cepat. Ada banyak jenis alat musik gamelan Bali yang jarang diketahui, ini dia diantaranya.

Tambur

Sumber: Kemendikbud

Tambur merupakan alat music gamelan bali berbentuk gendang dengan ukuran besar. Pemakaian tambur biasanya dilengkapi dengan kempur (gong besar) yang dipukul secara bergiliran sesuai dengan waktu. Adapun suara yang dihasilkan seperti “dug” dan “pur”.

Terompang Beruk

Sumber: Kemendikbud

Terompang beruk merupakan alat music gamelan bali berbentuk bilah kayu lekukun. Bilah kayu ini dibentuk sesuai dengan nada terompong. Bilah kayu biasanya dipasangkan atau digantungkan di batok kelapa untuk menghasilkan suara yang indah.

Gamelan Selonding

Sumber: Tribun Bali

Gamelan Selonding biasanya digunakan untuk mengiringi upacara adat dan keagamaan. Kata selonding ini sendiri diambil dari kata “salon” dan “ning” yang artinya adalah gamelan yang dikeramatkan atau disucikan.

Alat music gamelan selonding terbuat dari bilah besi yang diletakkan di atas badan gamelan. Alat music ini umumnya mengeluarkan suara yang khas dengan tujuh nada di dalamnya.

Suling

Sumber: Lazada

Bali juga memiliki alat music tradisional berbentuk suling yang dibuat dari bamboo khusus berukuran tipis, kecil dan kulit luarnya sedikit menghilat. Perlu diketahui bahwa suling di bali dibedakan menjadi 3 ukuran yaitu suling berukuran kecil, menengah dan besar. Biasanya sulit ini digunakan untuk memegang melodi tinggi yang nadanya dapat ditentukan secara bebas saat membuatnya. 

Rindik

Sumber: Portal Informasi Indonesia

Rindik merupakan alat music gamelan bali yang terbuat dari bamboo berukuran besar dan tebal seperti bamboo tiing petung. Alat music ini menghasilkan nada yang tinggi dan rendah sesuai dengan tebal tipisnya bamboo. Jadi, bamboo untuk alat music ini dari pangkalnya sampai ke ujung akan menipis sehingga menghasilkan suarra nada yang tinggi.

Baca juga: Jenis Alat Musik Gamelan yang Beragam

Gerantang

Sumber: Budaya-indonesia.org

Gerantang merupakan music tradisional gamelan bali yang berbahan bamboo. Bamboo yang digunakan adalah jenis bamboo tamblang berukuran tipis dan sedang. Bamboo jenis ini bisa ditemukan di Bali bagian Utara dan Buleleng. Panjang alat music gerantang biasanya berukuran 45 cm sampai dengan 95 cm dari nada tertinggi ke nada terendah.

Genggong

Sumber: Bobo.id

Genggong merupakan alat music bali yang dibunyikan dengan mengulum. Untuk menghasilkan suara dari alat music ini, tangan kanan kiri dan mulut ikut bekerja. 

Kendang

Sumber: Wikipedia

Kendang merupakan alat music yang ditabuhi dengan tangan untuk menghasilkan suara. Kendang terbagi menjadi dua ukuran dimana kendang kecil disebut lanang sedangkan kendang besar disebut sebagai wadon. Alat music ini dimainkan dengan cara duduk bersila dan dipangku, kemudian kedua tangan bebas menabuh alat music ini.

Gangsa

Sumber: Siplah Telkom

Gangsa merupakan alat music yang terdiri dari instrument berbilah-bilah yang masing-masingnya memiliki nada yang berbeda-beda.

Rebana Bali

Sumber: BukaReview

Rebana bali merupakan alat music terbuat dari kayu dengan bentuk setengah bulatan dengan garis tengah penampang lingkaran. Ukuran lingkar rebana bali biasanya 50 cm yang bagian dalamnya dilubangi dan dihaluskan. Cara memainkan alat music ini adalah dengan dipukul dalam posisi vertical dan tegak.

Itulah 10 alat music gamelan khas Bali. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pembaca.

Baca juga: Contoh Alat Musik Tradisional Papua, Unik Banget!


Comments