Contoh Alat Musik Tradisional Papua, Unik Banget!

Contoh Alat Musik Tradisional Papua, Unik dan Bernilai Kebudayaan Tinggi!

Sumber: Celebes.co

Semua daerah di Indonesia tentunya memiliki kekhasan masing – masing dalam alat musik daerahnya. Perlu diketahui bahwa Papua adalah daerah dengan banyak musik daerah menarik di dalamnya. Bahkan ada beberapa alat musik tradisional Papua yang terbuat dari kulit hewan. Sebagai generasi muda kita diwajibkan untuk melestarikan alat musik tradisional. Lantas apa saja contoh alat musik tradisional Papua? Berikut Contoh – Contoh Alat Musik Tradisional Papua antara lain :

Tifa 

Sumber: Wikipedia

Tentunya semua orang mengenal alat musik tifa. Alat musik tradisional Papua ini dimainkan dengan cara dipukul. Perlu diketahui bahwa tifa tidak hanya dimiliki oleh Papua. Maluku juga menjadi wilayah di Indonesia yang memiliki alat musik ini. Meskipun begitu terdapat perbedaan bentuk dari alat musik tifa yang dimiliki Papua dan Maluku. Alat musik tifa dari Papua cenderung memiliki bentuk melebar dengan pegangan di salah satu bagiannya. 

Pikon 

Sumber: Facebook

Salah satu alat musik tradisional Papua adalah pikon. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Pikon identik dengan bentuknya yang kecil. Alat musik ini dimainkan oleh para pria di suku Dani. Alat musik pikon memiliki seutas tali yang dipasang dengan kencang pada bagian tengahnya. Adanya tali tersebut berfungsi sebagai penggetar. 

Triton

Sumber: Jubi

Kini semua orang sudah mulai mengenal alat musik tradisional Papua. Triton menjadi salah satu alat musik tradisional yang sering dijumpai dalam upacara adat daerah Papua. Alat musik ini dibuat menggunakan kulit kerang. Kulit kerang untuk membuat alat musik ini bisa didapatkan di pinggiran pantai Papua. Awalnya triton berfungsi sebagai alat pemberi tanda sebelum digunakan untuk mengiring musik kesenian daerah. 

Yi

Sumber: Dictio.co

Papua menjadi salah satu penghasil alat musik tradisional terbanyak di Indonesia. Salah satu alat musik tradisional Papua adalah yi. Alat musik ini dikenal memiliki banyak keunikan di dalamnya. Keunikan itulah yang menjadi ciri khas dari alat musik ini. Pada zaman dahulu alat musik ini digunakan untuk berkomunikasi. Namun sesuai dengan berkembangnya zaman, alat musik yi lebih sering digunakan untuk hiburan. Alat musik ini telah dibuat menggunakan kayu gelondongan dengan bagian tengahnya yang berongga. Alat musik yi memiliki bentuk menyerupai kendang jika dilihat secara sekilas. Terlebih lagi kedua alat musik tradisional ini memiliki cara bermain yang sama. Yaitu dengan cara dipukul.

Kecapi mulut

Sumber: Koropak

Kecapi mulut merupakan alat musik tradisional Papua. Meskipun namanya kecapi, tapi alat musik ini memiliki bentuk yang tidak mirip dengan kecapi. Terlebih lagi alat musik kecapi mulut dimainkan dengan cara ditiup. Kecapi mulut berasal dari bambu wuluh yang berukuran kecil. Karena berukuran kecil membuat kecapi mulut terasa ringan saat dipegang. Di zaman sekarang kecapi mulut digunakan sebagai sarana  hiburan.

Baca juga: Mengenal Beragam Arti Bunga Matahari

Atowo 

Sumber: Dictio Community

Semua orang pasti sudah mengenal alat musik tradisional ini. Seperti yang diketahui bahwa atowo adalah alat musik tradisional Papua yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini dinilai susah untuk ditemukan. Meskipun begitu alat musik atowo sangat mudah dimainkan. Anda hanya perlu memukul atowo sehingga menghasilkan bunyi indah yang harmonis.

Krombi

Sumber: Dictio Community

Krombi merupakan alat musik tradisional Papua. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini dapat menghasilkan suara yang indah saat dimainkan. Alat musik krombi sering digunakan untuk mengiringi upacara adat dan keagamaan.

Itulah Contoh – Contoh Alat Musik Tradisional Papua. Sebagai generasi muda, kita harus membantu melestarikan alat musik tradisional supaya tidak punah.  

Baca juga: Jenis Alat Musik Gamelan yang Beragam



Comments