Berbagai Teknik Dasar Permainan Basket yang Harus Kamu Tahu

Teknik Dasar dalam Permainan Basket yang Harus Kamu Tahu, Bisa Buat Kamu Menang!

Sumber: Bola.com

Basket menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup populer di dunia. Di Negara Indonesia, basket menempati urutan keempat sebagai jenis olahraga terpopuler setelah sepak bola, bulu tangkis, dan voli. Tak berbeda jauh dengan jenis olahraga pada umumnya, basket juga memiliki berbagai teknik dasar permainan. 

Lantas, gerakan seperti apa sajakah yang termasuk teknik dasar permainan bola basket? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Tag Position  

Sumber: SehatQ

Tag Position merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan olahraga basket, yakni berupa cara memegang bola. Meski terdengar simple, ternyata cara memegang bola basket itu tidaklah sembarangan lho.

Dalam hal ini, kamu harus memegang bola dengan menggunakan kedua telapak tangan yang berada di posisi kanan dan kiri. Selain itu, pastikan juga semua jari tangamu direntangkan dan melekat pada bagian sisi kanan dan kiri bolanya. 

2. Passing dan Catching

Sumber: Olahraganesia

Passing dan Catching adalah teknik mengumpan dan menangkap bola. Saat menangkap, maka kamu harus meraihnya dengan telapak tangan yang terbuka lebar serta posisi jari-jarinya terentang. Jika sudah demikian, silahkan tarik sedikit ke arah beakang agar posisi bolanya bisa dekat dengan tubuhmu. 

Adapun mengenai 5 cara dalam melempar atau mengumpan bola seperti berikut:

  • Chest pass (melempar bola pada posisi dada)

  • Overhead pass (melempar bola pada posisi diatas kepala)

  • Bounce pass (melempar bola lebih dari satu langkah melalui pantulan ke lantai)

  • Baseball pass (melempar bola pada posisi diatas atau dibelakang kepala)

  • Behind back pass (melempar bola pada belakang tubuh melalui pantulan ke lantai).

3. Dribbling

Sumber: Sportstars.id

Apa yang dimaksud dengan Dribbling? Perlu kamu ketahui, Dribbling merupakan sebuah teknik menggiring bola dengan cara memantul-mantulkannya ke lantai sembari bergerak meliuk-liuk. Terdapat dua teknik Dribbling yang dapat kamu lakukan, yaitu menggiring bola dengan posisi di bawah lututu serta menggiring bola pada posisi lebih tinggi dari lutut. 

4. Pivot

Sumber: Matob Creative

Selanjutnya ada teknik Pivot, yang mana kamu harus melakukan gerakan berputar dengan menggunakan satu kaki sebagai poros. Pada umumnya teknik Pivot ini akan disertai dengan tiga gerakan lain, seperti dribble, passing, dan shooting. 

5. Shooting

Sumber: Sumbernesia

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Shooting merupakan gerakan inti pada permainan bola basket guna menciptakan poin. Pada gerakan Shooting, maka kamu bisa melakukannya dengan menggunakan kedua tangan atau satu tangan. 

6. Lay-up

Sumber: WikiHow

Teknik Lay-up adalah sebuah rangkaian gerakan untuk memasukkan bola sedekat mungkin ke area keranjang lawan dengan cara melompat. Namun, teknik ini harus diawali dulu dengan dua langkah. 

7. Rebound

Sumber: Kupas Tuntas Basketball

Menurut informasi yang didapat, teknik Rebound akan dibedakan lagi kedalam dua jenis berbeda, yakni ofensif rebound dan defensif rebound. Ofensif rebound merupakan gerakan menembak bola secara ulang yang sebelumnya gagal dilakukan oleh rekan tim. Sedangkan defensive rebound merupakan gerakan merebut bola yang gagal dimasukkan oleh tim musuh. 

8. Screen

Sumber: KampoengIlmu

Teknik dasar dalam permainan basket berikutnya yang akan dibahas, yakni Screen. Ya, teknik ini dilakukan dengan cara menutup arah pergerakan musuh serta. Namun, gerakan Screen juga bisa ditujukan untuk membuka ruang pergerakkan rekan satu tim dengan memberinya jalan melalui arah belakang pemain yang melakukan screen. 

Nah, itulah beberapa teknik dasar pada permainan olahraga basket yang tentu saja harus kamu praktekkan.

Baca juga: 6 Tips Wisata Kapal Pesiar yang Perlu Diketahui

Comments