6 Tips Wisata Kapal Pesiar yang Perlu Diketahui

6 Tips Wisata Kapal Pesiar yang Perlu Diketahui

 

Bepergian dengan kapal pesiar, siapa yang menolak? Bagi Anda yang tertarik dan ingin merasakan sensasi liburan kapal pesiar, simak kumpulan tips di bawah ini!  Tempat wisata dan aktivitas  alias liburan  tidak ada habisnya. Mulai dari  wisata rekreasi, backpacking hemat, hingga wisata edukasi dan budaya, semuanya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. 

Jenis wisata yang masih cukup asing di Indonesia adalah kapal pesiar. Lebih dari sekadar kemewahan, wisata perahu menawarkan pengalaman yang unik dan pasti akan menakjubkan. Biasanya, wisata kapal pesiar memiliki itinerary perjalanan tertentu dengan titik awal, persinggahan, dan titik akhir. 

Dengan harga yang cukup bersaing, pelanggan dapat menikmati kunjungan disertai fasilitas mewah yang sangat lengkap. Mulai dari restoran, kolam renang, kasino hingga hiburan seperti live music, bioskop dan orkestra bisa Anda nikmati di sini. 

Meski sering dianggap mahal, wisata kapal pesiar bisa menjadi sarana liburan yang nyaman dan menyenangkan. Anda bisa mengunjungi beberapa negara sekaligus tanpa harus berganti hotel, atau bahkan bertemu dengan  tamu asing dari berbagai negara. 

Menarik untuk dicoba bukan? Nah, buat Anda yang punya daftar wisata kapal pesiar, simak  tips di bawah ini! 

1. Pilih Rute yang Tidak Terlalu Panjang 


Setiap layanan kapal tentunya menawarkan rute dengan waktu tempuh yang berbeda-beda. Saat memulai, disarankan untuk memilih rute pendek dengan waktu tempuh sekitar dua hingga tiga malam. 

Anda juga dapat berangkat dari tujuan terdekat, seperti Asia Tenggara dengan penerbangan ke Singapura, Kuala Lumpur, Phuket. Memulai perjalanan Anda pada rute pendek ini akan membantu Anda beradaptasi  dengan kebiasaan pelayaran Anda 

2. Pesan Tiket Kapal Pesiar Anda Lebih Awal 


Untuk tarif yang lebih murah, mengapa tidak? Anda bisa mendapatkan tarif yang lebih murah jika memesan lebih awal, misalnya  4-6 bulan sebelum keberangkatan. Tentu saja, periksa kalender Anda dan pastikan untuk menghindari musim liburan karena harganya akan lebih mahal. 

3. Melengkapi Semua Dokumen Perjalanan


Kunjungan kapal pesiar sama dengan perjalanan luar negeri lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan semua dokumen terkait mulai dari KTP, paspor hingga visa. Pastikan semuanya berfungsi sehingga Anda dapat mengunjungi negara-negara dengan kapal pesiar sungai. Jangan sampai ketinggalan atau tiket Anda akan terbuang percuma. 

4. Siapkan Pakaian Semi Formal 


Tidak seperti perjalanan liburan lainnya, wisata kapal pesiar sebenarnya cukup istimewa. Di sini, pelanggan disuguhi kegiatan atau acara semi formal. Misalnya, melihat opera, acara tari atau hiburan lainnya yang diadakan di aula khusus. 

Oleh karena itu, Anda harus membawa pakaian semi formal untuk  mengikuti rangkaian acara yang sedang berlangsung. Biasanya hal ini akan dikomunikasikan sebelum keberangkatan atau Anda bisa meminta agenda acara yang disediakan selama ekskursi. 

5. Hindari Berbelanja di Kapal Pesiar


Setiap perjalanan kapal pesiar biasanya dilengkapi dengan toko-toko seperti pusat perbelanjaan untuk perlengkapan liburan. Mulai dari koper, baju, suvenir bisa Anda temukan di sini. Namun, harga yang ditawarkan pasti akan lebih mahal daripada membeli di darat. Jadi ada baiknya kamu sudah membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan, ya! 

6. Siapkan Mata Uang Asing 



Anda harus menukar mata uang asing sebelum menaiki kapal pesiar. Pastikan Anda melakukan ini di negara asal Anda, bukan di luar negeri. Hal ini karena pertukaran mata uang di negara tujuan mengakibatkan nilai tukar yang salah. 

Inilah beberapa tips wisata kapal pesiar yang bisa Anda gunakan sebagai pemula. Mencoba tamasya kapal pesiar adalah perjalanan liburan yang harus dilakukan dan menawarkan masa inap yang nyaman, nyaman, dan pengalaman lengkap.

Comments