5 Tokoh Islam Perempuan Indonesia

Mengenal Para Tokoh Islam Perempuan Indonesia

Toko islam perempuan

Baru minggu kemarin seluruh rakyat Indonesia merasakan kebahagiaan dalam rangka menyambut 77 tahun kemerdekaan Indonesia. 

Akan tetapi, ternyata masih banyak juga masyarakat yang sama sekali tidak mengenal siapa sajakah sosok yang dulu berjuang sehingga Indonesia bisa merdeka sampai sekarang. Padahal, ada banyak sekali sosok pahlawan yang memiliki jasa dalam membebaskan Indonesia dari cengkraman para penjajah. 

Ngomong-ngomong soal pahlawan, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar nama tokoh Islam perempuan Indonesia. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Cut Nyak Dien



Siapa sih yang tidak kenal dengan Cut Nyak Dien? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan tokoh pahlawan Muslimah asal Tanah Rencong ini. 

Menurut catatan sejarah, peran Cut Nyak Dien telah berhasil meningkatkan moral semangat perjuangan rakyat Aceh dalam menentang penjajahan Belanda. Berkat perjuangan hingga akhir hayatnya, Presiden Soekarno menetapkan gelar pahlawan nasional kepada Cut Nyak Dien pada tanggal 2 Mei 1962 silam lalu. 

2. Opu Daeng Risaju


Tokoh islam perempuan

Sebenarnya nama Opu Daeng Risaju memang tidak sepopuler Cut Nyak Dien. Meski demikian, sosok pahlawan Muslimah yang akrab disapa Famajjah ini tak kalah berjasanya dalam memerdekakan Indonesia. 

Opu Daeng Risaju lahir di daerah Palopo, Sulawesi Selatan pada tahun 1880 M. Sejak kecil beliau memang begitu giat dalam mempelajari ilmu agama Islam, seperti mengkaji makna ayat Al Quran hingga mempelajari ilmu fiqih. 

Bahkan, Opu Daeng Risaju sangat lantang dalam menentang kehadiran para penjajah Belanda. Hal itu pun terbukti, yang mana beliau berhasil membangkitkan serta memobilisasi pada pemuda untuk membuat perlawanan terhadap pasukan NICA bentukan Belanda. 

Meski tidak sempat mengenyam Pendidikan formal, Opu Daeng Risaju tampak tidak canggung terjun di bidang politik. Sehingga tak heran jika ia menjadi bagian anggota dari Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII). 

3. Rasuna Said



Selain Opu Daeng Risaju, Rasuna Said merupakan salah satu tokoh pahlawan Muslimah Indonesia yang harus kamu ketahui. Ya, sosok pahlawan Muslimah Indonesia asal Minang ini begitu gigih dalam memperjuangkan hak-hak Wanita, serta pentingnya kaum Wanita dalam proses mendapatkan kemerdekaan. 

Sosok pahlawan dengan nama lengkap Rangkayo Rasuna Said ini lahir di daerah Maninjau, Sumatera Barat pada tahun 1910. Atas perjuangannya, pemerintah Indonesia pun memberikan gelar pahlawan nasional kepada Rasuna Said sejak 1974. 

4. Laksamana Malahayati


Laksamana Malahayati bisa dibilang memiliki perjalanan perjuangan yang berbeda dengan tokoh pahlawan Wanita Indonesia lainnya. Bagaimana tidak? Sebab beliau sempat diangkat sebagai laksamana oleh sultan Aceh dan diberi Amanah untuk memimpin pasukan Inong Balee dalam melawan penjajah Belanda. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena Laksamana Malahayati memang terkenal dengan keahliannya dalam merancang strategi perang. Tak hanya sekedar merancang strategi, bahkan Laksamana Malahayati juga memiliki kemahiran berdiplomasi. 

Sehingga tak heran jika Laksamana Malahayati selalu menjadi wakil Sultan Aceh untuk melakukan perundingan damai dengan pihak penjajah Belanda. 

5. Raden Adjeng Kartini



Tokoh pejuang Muslimah Indonesia berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Raden Adjeng Kartini. Ya, pastinya kita sudah sangat mengenal betul dengan sosok pahlawan yang satu ini. Pasalnya, sosok Raden Adjeng Kartini sudah diabadikan dalam sebuah nyanyian yang selalu disenandungkan Ketika kita masih duduk di bangku sekolahan. 

Nah, itulah beberapa tokoh pahlawan Muslimah Indonesia yang harus kamu ketahui. 

Baca juga: Mari Kita Mengenal Asal-usul Imlek


Comments