Fakta-Fakta Dalam Penemuan Telepon. Simak Disini!

Telephone dialing, contact and customer service concept . selected focus Premium Photo

Telepon merupakan alat elektronik canggih yang sudah digunakan dari waktu ke waktu karena besarnya manfaat yang diberikan telepon ini kepada para penggunanya. Telepon ini pula yang mendasari terbentuknya smartphone dan handphone. 

fakta dalam penemuan telepon

Tanpa penemuan ini mungkin hidup kita akan menjadi sulit karena komunikasi yang terbatas. Lalu siapa sang penemu  telepon sebenarnya? Mari simak fakta-faktanya berikut ini!

1. Telegraf sebagai awal mula berkembangnya telepon 

Hal ini bermula ketika Samuel Morse menjadi professor di suatu Universitas yang menemukan sebuah sinyal yang bisa ditransmisikan kedalam bentuk kabel. Empat puluh tahun sebelum ditemukannya telepon, pesan jarak jauh dikirimkan melalui sebuah alat yang memanfaatkan sebuah sinyal elektrik. 

Sinyal inilah yang nantinya akan menggerakkan marker sehingga dapat membentuk sebuah kode morse dan inilah yang akhirnya melatarbelakangi penemuan telegraf menjadi penggerak awal penemuan alat komunikasi terbaru termasuk telepon. 

2. Bell menangkan hak paten 

Meskipun ditemukan banyak sekali penemun telepon yang masing-masing mengungkapkan bahwa merekalah sang penemu telepon, namun hanya Bell yang memenangkan hak paten telepon terlebih dahulu. 

Pada 14 Februari 1876, Bell dan Gray mendaftarkan penemuan mereka ini secara bersamaan namun, karena permohonan hak paten Bell diterima beberapa jam lebih awal, Kantor paten Amerika Serikat akhirnya mmeberikan hak patennya kepada Bell. 

3. Bell bukan penemu telepon asli  

Meski sudah memenangkan hak paten terlebih dahulu namun diyakini bahwa Bell bukanlah sang penemu telepon sesungguhnya. Masih banyak yang belum mengetahui mengenai hal ini dan menganggap bahwa Bell merupakan sosok penemu telepon yang sesungguhnya. 

Kongres Amerika Serikat pada Juni 2002 saat itu telah menetapkan bahwa Antonio Meucci sebagai penemu teknologi telepon pertama bukanlah Bell. Meucci yang berasal dari Italia ini hanya mematenkan temuannya secara sementara karena hal eekonomi. 

Sempat terjadi beberapa konflik ketika USPTO menetapkan Bell sebagai pemenang  hak paten ppenemuan telepon. Dan akhirnya setelah diproses ditetapkanlah bahwa Meucci sebagai penemu telepon.

Meski dalam persidangan Meucci sempat mengalami kekalahan, akhirnya Meucci mendapatkan jawaban setelah satu abad kemudian.  

4. Bell hanya focus kepada telegraf 

Telegraf merupakan suatu fasilitas berkirim pesan dalam jumlah terbatas yang membuat tsosok Bell ingin mengembangkan telegraf lebih besar lagi. Telegraf ini juga telah membuktikan bahwa beberapa not itu bisa dikirimkan lewat kabel secara bergantian. 

Pada tahun 1875, Bell akhirnya menemukan bahwa suara bisa ditransmisikan lewat telegraf. 

5. Perusahaan bertahan sampai sekarang 

Sosok tokoh penemu telepon yakni Bell yang mengelola perusahaan American Bell Telephone pada 1885 ternyata semmpat berhenti pada tahun 1980, namun akhirnya kembali beroperasi pada tahun 2000 sampai sekarang ini. 

Gray yang ikut mendirikan sebuah Electric Manufacturing Company yang dianggap sebagai awal dari perusahaan Lucent Technologies

6. Bell tak pernah menelpon keluarganya 

Meski dianggap sebagai salah satu tokoh berpengaruh yang menemukan telepon, Bell ternyata tidak pernah menelpon keluarganya terutama istrinya karena mereka tunarungu. Namun, ini tidak membuktikan bahwa ia berhubungan tidak baik dengan istrinya melainkan hanya terbatas pada kondisi tersebut hanya. 

Hal ini jugalah yang akhirnya melatarbelakangi Bell untuk bisa menciptakan sebuah teknologi yang berkaitan dengan suara. 


7. Kalimat pertama dalam telepon 

Ketika sudah menemukan teknologi telepon, Bell pertama kali menggunakan telepon sambil berkata Mr. Watson, come here, I need you. 

Kalimat ini dianggap sebagai salah satu kalimat yang pertama kali diucapkan di telepon setelah uji coba perangkat ini berhasil. 

Baca Juga: Mengulas Macam - macam Universitas di Indonesia

Comments