Cara Mencegah Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

 Cara Mencegah Kanker Payudara

Sumber Foto: Unsplashed

Inilah Cara Mencegah Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

Cara mencegah kanker payudara penting sekali untuk semua perempuan tahu. Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang sering terjadi pada perempuan di Indonesia. Bahkan, angka kematian karena kanker payudara bisa dikatakan cukup tinggi sehingga pemerintah sangat menekankan upaya deteksi dini jika terjadi kanker payudara.

Untuk mengetahui bagaimana cara mencegah kanker payudara yang mudah dikenali, simak ulasannya di bawah ini.

1.     Konsumsi makanan bergizi

Hal pertama untuk mencegah terjadinya kanker payudara adalah mengonsumsi makanan bergizi. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan tidak sehat pada tubuh adalah tinggi gula, memiliki lemak jahat, hingga berbagai zat lainnya yang bisa berbahaya pada tubuh.

Maka dari itu, konsumsilah makanan yang sehat dengan gizi seimbang secara rutin. Contohnya seperti sayuran, buah-buahan biji-bijian, dan masih banyak lagi.

2.     Hindari Minuman Beralkohol

Perlu kamu ketahui bahwa semakin sering kamu minum-minuman beralkohol, maka semakin besar juga kemungkinan terkena kanker payudara. Minuman beralkohol bisa memicu kemunculan kanker payudara dengan cara meningkatkan kadar estrogen dan juga menyebabkan kerusakan DNA dalam tubuh.

Dengan adanya fakta tersebut, salah satu cara mencegah kanker payudara sejak dini adalah tidak membiasakan diri konsumsi minuman beralkohol.

3.     Selalu Olahraga secara Rutin

Melakukan olahraga dapat  membantu berat badan tetap ideal. Kalau kamu mengalami berat badan berlebihan atau obesitas, maka bisa meningkatkan risiko munculnya kanker payudara.

Cobalah kamu berolahraga secara rutin setidaknya sebanyak 30 menit setiap hari. Kamu bisa melakukan olahraga apapun yang kamu suka seperti jogging, senam aerobik, bersepeda, hingga berenang.

4.     Tidak Merokok

Merokok sudah terbukti dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit dan itu termasuk kanker payudara. Apalagi jika kamu seorang perempuan muda atau premenopause akan sangat mudah terkena kanker payudara jika sering merokok.

Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya sudah mulai dihentikan dari sekarang. Ditambah lagi, kamu juga harus menghindari tempat yang terdapat banyak asap rokok.

5.     Langsung Menyusui setelah Melahirkan

Untuk perempuan yang baru saja melahirkan, menyusui langsung dari payudara tidak hanya menguntungkan untuk bayi, tetapi juga dapat mencegah terjadinya kanker payudara. Hal itu dikarenakan selama menyusui terjadi perubahan hormon yang dapat menunda periode menstruasi.

Dengan begitu, hormon estrogen kamu akan selalu tetap stabil. Adapun kadar estrogen yang berlebihan dapat meningkatkan risiko timbulnya sel kanker di payudara.

6.     Hindari Pil KB pada Kondisi Tertentu

Perlu kamu ketahui bahwa penggunaan pil KB, khususnya saat berusia lebih dari 35 tahun bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Risiko tersebut akan hilang ketika kamu menghentikan penggunaan pil KB.

Maka dari itu, jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara, sebaiknya pilih alat kontrasepsi lain atau konsultasikan dengan dokter untuk cara mencegah kehamilan yang tepat.

7.     Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup memang tidak dapat mencegah kanker payudara, tetapi juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Secara tidak langsung, hal itu juga dapat menghindari terjadinya risiko berbagai penyakit.

Untuk penderita kanker payudara, istirahat yang cukup dapat membantu proses pemulihan dari pengobatan yang sudah dijalani. Usahakan kamu tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Demikian cara mencegah kanker payudara yang mudah dikenali. Dari ulasan diatas, kita bisa melihat bahwa mencegah terjadinya kanker payudara bisa dilakukan dengan cukup mudah dan tentunya kamu harus konsultasikan pada dokter untuk info selanjutnya.

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Hidup Sehat yang Bisa Kamu Coba

Comments