Tips Solo Traveling di Saat Pandemi

Solo traveling atau liburan sendiri merupakan salah satu cara melepas penat di saat tidak ada orang yang menemanimu. Namun kita tahu bahwa saat ini Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia mengalami pandemi. Berbagai aktivitas dibatasi dan sebisa mungkin dikerjakan di rumah. Bersekolah maupun bekerja pun harus dilakukan secara online atau daring.

Tips Solo Traveling di Saat Pandemi

Lalu bagaimana jika kita ingin liburan di saat pandemi? Apakah memungkinkan? Tentu saja. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum mulai liburan. Dengan begitu, liburanmu menjadi aman dan nyaman baik mulai berangkat, berada di tempat tujuan, sampai pulang ke rumah.

Inilah Tips Solo Traveling Ketika Pandemi

Ada beberapa tips solo traveling yang harus kamu perhatikan dan kamu terapkan ketika pandemi, di antaranya:

Memeriksa Kondisi Tubuh

Tips pertama dan yang paling utama sebelum kamu memutuskan berlibur sendiri adalah mengecek apakah kondisimu sedang fit atau tidak. Berlibur memang bertujuan untuk refreshing. Namun ketika kamu berlibur dalam kondisi yang kurang fit pasti akan mengurangi keseruan selama liburan. Bahkan kemungkinan besar kamu malah tidak bisa mengunjungi tempat yang sudah kamu rencanakan karena kamu hanya bisa berbaring di tempat penginapan.

Apalagi berada dalam kondisi pandemi seperti sekarang, kamu harus benar-benar menjaga daya tahan tubuhmu. Jangan sampai tumbang terlebih dahulu padahal kamu sudah merencanakan pergi ke tempat yang sudah kamu idam-idamkan.

Membawa Perlatan Kesehatan 

Setelah memastikan bahwa kondisimu baik-baik saja, maka jangan lupa untuk membawa peralatan kesehatan. Meskipun terbilang sederhana, namun peralatan kesehatan akan sangat bermanfaat bukan hanya buatmu melainkan untuk orang lain.

Peralatan kesehatan yang harus kamu siapkan yaitu seperti masker, hand sanitizer, tisu kering, sabun cuci tangan, dan lain-lain. Namun perlu kamu ingat bahwa kamu cukup membawa peralatan kesehatan seperlunya saja.

Membawa Botol dan Wadah Sendiri

Tips solo traveling yang ketiga berkaitan dengan makanan dan minuman selama berlibur. Sebenarnya membawa botol dan juga wadah sendiri mampu mengurangi sampah plastik. Selain itu, kebiasaan ini juga bermanfaat untuk mengurangi penyebaran virus yang bisa saja menular melalui droplet atau percikan yang mungkin menempel pada alat makan.

Maka dari itu, akan lebih aman jika kamu membawa peralatan makan dan minum sendiri. Kamu bisa menyiapkan botol, sendok, sumpit, piring, dan juga garpu. Kebiasaan yang sederhana namun memberikan manfaat yang cukup besar.

 Menyiapkan dokumen tes swab atau rapid

Dokumen hasil tes swap maupun rapid sering diminta ketika kamu hendak menuju ke lokasi tujuan. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu datang ke kota atau tempat wisata tersebut dalam kondisi yang bersih (tidak terkena virus Covid-19). Selain itu, terkadang kamu juga akan diminta untuk menyerahkan sertifikat vaksin bagi yang sudah melakukan vaksin.

Menyiapkan Peralatan Mandi

Tips solo traveling yang juga tidak kalah penting adalah menyiapkan peralatan mandi. Tentu saja ini bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19. Kamu bisa membawa sikat gigi, pasta gigi, sabun, dan juga sampo. Untuk sabun mandi, kami menyarankan kamu menggunakan sabun cair dalam wadah atau botol yang kecil.

Baca Juga : Inilah Kesalahan Saat Solo Traveling

Demikian informasi mengenai beberapa tips penting sebelum melakukan solo travling. Jangan lupa untuk selalu menerapkan 5 M ketika harus berinteraksi dengan orang lain. Semoga bermanfaat.


Comments