Tips Makanan Sehat untuk Anak Kos

Menjalani kehidupan sebagai anak kos bukan berarti bisa sembarangan. Terutama jika berkaitan dengan pola makan. Tidak jarang kesibukan baik mengerjakan tugas atau bekerja membuat urusan perut terabaikan. Jika kamu memiliki sedikit waktu untuk mencari makan, pastikan kamu mendapatkan makanan yang bergizi.

Kamu harus mencukupi asupan tubuhmu dengan protein, karbohidrat, dan juga lemak. Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips penting berkaitan dengan makanan sehat untuk anak kos.

Makanan Bergizi

Makanan bergizi adalah makanan yang wajib dikonsumsi oleh semua orang, termasuk anak kos. Makanan yang kamu konsumsi harus bisa memenuhi kebutuhan lemak, protein, serta karbohidrat. Sebisa mungkin untuk tidak mengonsumsi junk food karena ini hanya akan meningkatkan risiko terkena beragam penyakit.

Tips Makanan Sehat untuk Anak Kos

Bukan hanya makanan, minuman pun juga menjadi hal yang tidak boleh kamu abaikan. Jangan sampai membiasakan diri mengonsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan atau minuman bersoda. Akan lebih baik kamu minum air putih.

Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran adalah makanan yang harus kamu konsumsi. Tidak perlu mengonsumsi buah impor karena kamu juga bisa mengonsumsi buah lokal yang harganya terjangkau serta mudah untuk kamu dapatkan. Kami menyarankan agar kamu mengonsumsi sayur atau buah yang masih dalam bentuk aslinya.

Tips Makanan Sehat untuk Anak Kos

Hal ini untuk menjaga nutrisinya agar tetap utuh. Namun jika kamu terpaksa harus membeli jus, jangan sampai membeli jus yang mengandung terlalu banyak gula. Jika memungkinkan kamu bisa membuat jus sendiri di kosmu.

Asupan Kalsium

Tips makanan sehat untuk anak kos yang ketiga adalah konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Bagi yang usianya masih di bawah 30 tahun, maka kamu berada pada tahap membangun masa tulang. Manfaatkan fase tersebut dengan mencukupi kebutuhan kalsium. Bukan hanya kalsium untuk gigi melainkan juga untuk otot serta fungsi saraf.

Tips Makanan Sehat untuk Anak Kos

Tidak perlu repot-repot mencari asupan kalsium karena kamu bisa menemukannya dengan mudah. Kamu bisa mengonsumsi susu atau yogurt. Selain itu, madu, kacang-kacangan, dan juga keju juga termasuk makanan yang mengandung kalsium. Olahan susu misalnya susu kedelai, sayuran hijau, serta kacang almond termasuk juga makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

Menyimpan Camilan Sehat

Tips yang juga tidak kalah penting adalah usahakan kamu menyimpan camilan sehat. Kita tahu bahwa camilan merupakan makanan ringan yang banyak dikonsumsi ketika bersantai. Namun banyak yang belum tahu bahwa komposisi yang ada di dalam camilan tersebut tidak dibutuhkan tubuh. 

Tips Makanan Sehat untuk Anak Kos

Kamu harus menghindari makanan ringan yang di dalamnya mengandung pewarna, pengawet, maupun pemanis tambahan. Tentu saja ini akan berdampak buruk pada kesehatanmu. Terutama jika kamu mengonsumsinya dalam jangka waktu yang lama. 

Kamu bisa menyiapkan camilan alternatif yang terbukti sehat. Beberapa camilan yang kami sarankan yaitu kacang-kacangan, biji-bijian, soybean, buah kering, serta popcorn tanpa perlu menambahkan mentega maupun perasa yang lain.

Jangan Sering Mengonsumsi Gorengan

Tips makanan sehat untuk anak kos yang nomor lima adalah jangan sering mengonsumsi gorengan. Gorengan memang menjadi makanan untuk menemani ketika sedang mengerjakan tugas atau berkumpul bersama teman. Namun terlalu banyak mengonsumsi gorengan juga tidak baik untuk kesehatan.

Tips Makanan Sehat untuk Anak Kos

Maka dari itu, perhatikan bahwa jangan sampai kamu mengonsumsinya terlalu sering. Jika benar-benar ingin makan gorengan, pastikan kamu membeli gorengan yang minyak gorengnya diganti secara rutin. 


Comments