Kue Basah Modern Ini Tidak Perlu Bahan Telur!

kue basah modern tanpa telur


haridunia.com - Hampir sebagian besar jenis kue-kuean menggunakan bahan utama telur, tak terkecuali untuk kue basah modern. Karena, fungsi telur selain menambah nikmat kualitas makanan tersebut juga sebagai penyatu bahan yang lainnya. Namun, bukan berarti tidak ada kue yang tidak bisa tanpa telur. Buktinya adalah beberapa kue basah modern berikut berhasil eksis tanpa menggunakan telur seperti berikut. 

1. Bolu Pisang

Menggunakan telur sebagai bahan makanan kue atau dessert sebenarnya merupakan pilihan, sehingga beberapa makanan bisa Anda variasikan dengan tidak menggunakan telur. Terbukti ada beberapa makanan yang memang tidak masalah jika tidak menggunakan telur, dari rasanya yang tidak mengalami perubahan. Salah satunya adalah kue basah modern bolu pisang, yang pada dasarnya membuat bolu menggunakan telur tapi kali ini tidak perlu.

2. Kue Pie 

Kue modern satu ini sangat unik, lembut di bagian atas tapi agak keras dan kaku di bagian bawah. Kue pie adalah salah satu dari sekian kue basah yang tidak menggunakan telur, dalam keseharian kue ini sering digunakan menjadi salah satu pilihan makanan pada sebuah acara. Pilihan bagian atasnya bervariasi, mulai dari buah, susu ataupun krim.

3. Kue Cubit

Kue basah ini mungkin termasuk jenis kue tradisional, namun seiring perkembangan jaman kue cubit ini sudah menjadi kue basah modern.  Kue yang tidak menggunakan telur ini, mengalami inovasi rasa dan variasi bentuk. Terutama untuk rasa, banyak sekali yang menyukai perkembangan kemajuan dari rasanya. Selain itu, yang membuat menarik juga bisa dibuat dengan bermacam-macam warna menggunakan pewarna makanan tentunya.

4. Kue Coklat Susu Gulung

Untuk makanan ringan yang satu ini sangat mudah dibuat, dan pastinya tidak menggunakan telur. Bahkan, tanpa perlu olahan seperti digoreng, dikukus ataupun direbus. Sangat cocok disajikan untuk anak-anak Anda, apalagi bahan-bahannya berasal dari biskuit kegemaran anak-anak dan susu kental manis serta coklat. Membuatnya pun mudah, hanya perlu dilapis dan digulung.

5. Bolu Kukus Wortel

Mungkin kebanyakan orang mengetahui kalau jenis kue bolu kukus memang menggunakan telur, tapi untuk kali ini bolu kukus pun bisa tidak menggunakan telur seperti biasa. Selain itu, bolu kukus ini sedikit berbeda karena ditambah dengan bahan wortel sehingga lebih berbeda dari bolu kukus biasa.

6. Kue Talam Puding Jeruk

Nama kue talam merupakan jenis kue basah tradisional yang pernah ada, namun pilihan paduan pada kuenya membuat kue ini menjadi kekinian. Kue talam yang dipadukan dengan puding jeruk, membuat kue ini semakin terasa manis dan memang tidak menggunakan bahan makanan telur.

7. Bakpau 

Jenis kue basah ini sudah dikenal sejak lama, tapi masih eksis hingga sekarang dan menjadi makanan modern atau kekinian. Karena, dari awal hingga sekarang makanan ini terus mengalami perkembangan inovasi. 

Yang dikenal dengan nama bakpau ini awalnya hanya berisi coklat, tapi sekarang terus berkembang sehingga memiliki banyak isian seperti ayam, keju, kacang hijau dan banyak lagi. Bahkan, untuk rasa yang pedas juga bisa dibuat dengan memiliki level rasa pedas seperti yang banyak terdapat pada makanan kekinian sekarang ini. Diketahui, kalau makanan ini memang tidak pernah menggunakan telur sama sekali sebagai salah satu bahan pembuatnya.

8. Donat

Makanan yang terakhir ini tidak ada yang tidak kenal, karena banyak sekali orang yang menjual donat. Sebagian orang ada yang membuat donat dengan menggunakan telur, tapi sebenarnya donat pun bisa dibuat dengan tidak menggunakan telur. Rasanya tidak terlalu berbeda dengan donat yang memakai telur, hanya saja mungkin tingkat kelembutan sedikit berbeda.  

Dari semua jenis makanan atau kue basah di atas, sekarang Anda tahu kalau tidak semua kue basah harus menggunakan telur. Banyak jenis kue-kuean yang bisa berdiri sendiri tanpa telur, dan tetap nikmat. Anda juga bisa mencari variasi baru dari kue-kue basah menggunakan telur yang sudah pernah dibuat, dan bereksperimen dengan inovasi resep baru yang tidak menggunakan telur.

Baca juga: Daftar Resep Kue Ulang Tahun Dijamin Enak! 

Comments