10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan


Haridunia.com - Jeruk nipis yang berasa asam dan segar ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai tambahan pada makanan dan minuman saja.

Karena jeruk nipis juga menawarkan manfaat yang berlimpah untuk kesehatan. Lalu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang berlimpah itu apa saja?

Sejak dari dulu jeruk nipis dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan, dan juga mencegah keriput dikulit. Tetapi selain itu masih ada manfaat yang lainnya seperti :

1. Mencegah Kerusakan Sel Tubuh


Kandungan antioksidan didalam jeruk nipis dapat membantu mencegah kerusakan sel sel didalam tubuh yang bisa menjadi penyebab munculnya penyakit penyakit yang berbahaya seperti diabetes, kanker, dan demensia.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Kandungan vitamin C didalam jeruk nipis yang kaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi tidak hanya itu saja karena vitamin C ini juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Baik Untuk Kesehatan Kulit 


Jeruk nipis mengandung Vitamin C yang dibutuhkan didalam produksi kolagen, yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap kencang. Kandungan antioksidan yang kaya didalam jeruk nipis juga bisa membantu mencegah penuaan dini.

4. Mengurangi Risiko Sakit Jantung


Untuk menurunkan tekanan darah juga bisa memanfaatkan jeruk nipis, sehingga nantinya akan dapat membantu mengurangi risiko terkena sakit jantung. Selain itu juga dengan mengkonsumsi jeruk nipis juga dipercaya efektif dapat membantu terhindar dari penyempitan pembuluh darah.

5. Bantu Cegah Batu Ginjal


Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Sehingga orang yang rutin mengkonsumsi buah buahan sitrus seperti jeruk nipis dan lemon, maka dirinya akan berisiko lebih rendah mengalami gangguan batu ginjal.

Baca juga: 10 Tips dan Cara Hidup Sehat yang Bisa Kamu Coba

6. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi


Tentunya kadungan zat besi sangatlah penting untuk kesehatan, pasalnya mineral ini dibutuhkan untuk membantu terhindar dari terjadinya anemia defisiensi besi. Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh, sehingga bisa dicegahnya anemia.

7. Mengurangi Risiko Kanker


Jeruk nipis yang termasuk kedalam buah buah sitrus dipercaya ampuh dapat membantu menurunkan risiko munculnya kanker jenis tertentu. Manfaat jeruk nipis untuk mengurangi risiko terkena kanker ini didapatkan dari kandungan flavonoid didalamnya.

8. Baik Untuk Otak


Kandungan zat kimia dalam jeruk nipis dapat membantu menjaga sel sel otak untuk terlindungi dari bahan bahan yang berbahaya yang ada didalam tubuh. Fungsi dari adanya perlindungan ini adalah supaya terhindar dari penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson.

9. Mencegah Penyakit Gusi


Scurvy merupakan sebuah kondisi dimana tubuh kekurangan vitamin C. Munculnya penyakit ini ditandai dengan gusi yang membengkak, terjadinya perdarahan, dan gigi goyang.

Sehingga salah satu jalan yang bisa digunakan untuk terhindar dari masalah penyakit gusi ini adalah dengan mengkonsumsi jeruk nipis yang kaya akan vitamin C.

10. Melancarkan Pencernaan


Dengan mengkonsumsi air jeruk nipis secara rutin maka akan dapat membantu melancarkan pencernaan.

Sehingga jika saat ini kamu sedang mengalami masalah konstipasi, maka adanya asam pada jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk membantu membersihkan saluran pembuangan di tubuh, dan akan menstimulasi kamu untuk segera buang air.

Selain itu masih ada manfaat lain yang ditawarkan jeruk nipis bagi kesehatan seperti membantu menurunkan gula darah, menghambat pertumbuhan bakteri, dan mengurangi peradangan.

Itulah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, meski jeruk nipis ini menawarkan banyak manfaat, tetapi harus tetap berhati hati didalam menggunakannya supaya tidak munculnya efek samping.

Baca juga: 9 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Comments