Tips Mengatasi Anak Pemarah

Setiap orang tua itu pastinya menginginkan supaya anaknya itu menjadi anak yang soleh dan solehah. Anak yang soleh dan solehah ini identik dengan seorang anak yang mempunyai perilaku yang baik, seperti taat dan patuh kepada orang tuanya atau juga anak yang taat di dalam menjalankan ajaran agamanya. Intinya, anak yang soleh itu adalah segala perilakunya itu baik sehingga membuat orang tua menjadi senang dan bahagia. Memang untuk mendidik anak menjadi soleh-solehah itu tidaklah mudah, apalagi di zaman sekarang ini dimana banyak sekali hal-hal negatif yang bisa mempengaruhi kepribadian anak. Lalu bagaimana kalau anak memiliki sifat pemarah? Butuh perhatian khusus dari orangtua untuk mendidik anak tersebut. Berikut beberapa tips dalam mengatasi anak pemarah :

1. Mendidik Anak

Mendidik anak merupakan salah satu cara untuk mengatasi anak pemarah, karena mendidik anak merupakan salah satu tugas utama bagi setiap orangtua,dan tidak dipungkiri bahwa kemarahan anak bisa jadi merupakan hasil dari didikan yang salah dari orangtua juga. Sehingga dengan memberikan didikan yang baik kepada anak, akan merubah sikapnya menjadi pribadi yang menyenangkan dan hasil didikan tersebut akan dibawanya hingga anak menjadi dewasa nantinya.
tips mengatasi anak pemarah

2. Mengajarkan Ilmu Agama

Tips selanjutnya dalam mengatasi anak pemarah adalah dengan mengajarkan ilmu agama sejak dini, agama merupakan langkah utama dalam memberikan pendidikan yang baik terhadap anak. Selain itu, dalam agama kita juga diajarkan untuk dapat mengatasi rasa marah dan menahan rasa marah. Mungkin saat kecil pemahaman ini belum terasa manfaatnya, tetapi anak yang sudah diajarkan ilmu agama akan mencoba menerapkan perilaku tersebut meskipun butuh waktu yang lama. Setidaknya, teori tersebut sudah dipahami oleh anak dengan baik.

3. Mendampingi Anak Saat Menonton Televisi

Dengan selalu mendampingi anak dalam menonton televisi, merupakan suatu langkah untuk mengatasi anak pemarah. Masa kecil merupakan masa yang lebih banyak untuk menghabiskan waktu menonton. Tentunya menonton televisi sama sekali tidak dilarang untuk anak, tetapi ada beberapa hal dalam menonton televisi yang harus dijadikan sebagai pengingat bagi orang tuanya yaitu :
- Jangan berikan anak anda menonton televisi sampai berjam-jam. Anak juga harus dianjurkan untuk belajar, makan, sholat, dan tidur siang.
- Menonton televisi tidak boleh terlalu dekat, karena akan merusak mata.
- Hal lainnya yang harus diperhatikan saat anak menonton televisi adalah orangtua harus menyaring tontonan untuk anak, dan hindari tontonan yang mengajarkan tidak baik.

4. Mendengarkan Anak

Di jaman sekarang ini kebersamaan orangtua dan anak terlihat sangat sedikit sekali, dikarenakan alasan pekerjaan. Sehingga, akibatnya anak tersebut merasa seperti diabaikan dan tidak ada yang mendengarkannya. Karena bisa saja anak ingin didengarkan oleh orangtuanya, yang ingin menceritakan tentang masalahnya. Dengan begitu, anda sebagai orang tua cobalah untuk mengatasi hal ini dengan mengajak anak berbicara apa saja kegiatannya sehari-hari sambil mendengarkan anak bercerita dengan baik.

Memang mendidik anak yang memiliki sifat pemarah bukanlah hal yang mudah, namun butuh kesabaran dalam menghadapinya. Selamat mencoba.

Comments