Keunggulan Genset Silent dibandingkan Genset Open


Genset atau generator set adalah pembangkit listrik alternatif yang bisa anda gunakan untuk berbagi keperluan. Mulai dari untuk acara seperti konser hingga untuk menggantikan listrik PLN saat terjadi pemadaman listrik. 

Listrik yang dihasilkan genset sebenarnya bisa digunakan untuk menghidupkan semua alat elektronik yang biasa dihidupkan dengan listrik PLN. Akan tetapi, tentu saja anda harus menyesuaikan daya yang dihasilkan genset dengan alat elektronik yang akan anda hidupkan dengan menggunakan genset tersebut. Ini karena genset sendiri berfasiasi, ada yang 1000watt, 2000 watt hingga 5000 watt atau bahkan lebih.

Beda Denset Silent dan Genset Open

Selain berdasarkan dayanya, genset juga bisa dilihat dari kebisingan yang dihasilkan. Berdasarkan kebisingan ini bisa kita bagi menjadi genset silent atau genset open. 

1. Tingkat Kebisingan Genset Silent Lebih Rendah

Meskipun sebenarnya genset silent dan open ini dibedakan dari sistem penutupan. Sistem penutupan ini bisa mempengaruhi suara atau kebisingan yang dihasilkan. Genset silent dikenal memiliki kebisingan yang lebih rendah dibandingkan dengan genset open.

Genset silent dikenal juga sebagai genset tertutup. Ini karena genset tertutup ini memiliki tutup dari baja. Di dalam tutup itu sendiri dilengkapi dengan busa peredam. Busa peredam ini mampu meredam suara yang ditimbulkan genset. Dengan adanya busa peredam tersebut membuat suara dari mesin genset teredam sehingga tidak terlalu bising. 

Genset open sendiri seperti namana, open atau terbuka. Berbeda dengan genset silent yang memiliki tutup, genset jenis ini tidak memiliki box penutup yang bisa meredam suara yang dihasilkan oleh mesin gensetnya. Dengan begitu, umunya genset open ini cenderung bising. Meskipun begitu, umumnya genset ini adalah genset yang banyak digunakan. Ini karena genset opend ini biasanya memiliki harga genset yang lebih murah.

Genset tertutup atau silent umumnya agak jarang digunakan. Ini karena memang harganya yang cenderung lebih mahal daripada genset open. Akan tetapi, ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan dari genset jenis ini. Penanggulangan kebisingan dengan menggunakan tutup membuat genset silent lebih mahal, tapi nyaman digunakan.

2. Genset Silent Cocok digunakan di Rumah

Meskipun harganya agak lebih mahal, genset silent sangat cocok digunakan sebagai pengganti listrik PLN saat listrik PLN padam. Jadi beli genset silent bukan hal yang merugikan. Genset silent membuat penggunaan di rumah terasa nyaman. Genset silent dengan kebisingan yang rendah membuat keluarga anda dirumah tidak merasa terganggu saat menggunakannya. Apalagi jika digunakan pada malam hari, suara bising mesin genset bisa sangat menggangu. 

Jika anda menggunakan genset open, kebisingannya akan sangat mengganggu. Komunikasi, ngobrol di rumah akan terasa tidak nyaman. Bukan hanya itu, jika digunakan saat waktu tidur tentu akan mengganggu kenyaman tidur itu sendiri. Ini lah salah satu alasan kenapa genset silent jauh lebih cocok digunakan di rumah daripada genset open.

3. Genset Open Lebih Cocok untuk Acara

Genset open sendiri sebenarnya lebih cocok digunakan di tempat yang kebisingan genset bisa ditandingi. Misalnya dalam acara besar atau konser dimana suara musik lebih besar dibandingkan dengan suara gensetnya. Genset open juga bisa digunakan di lagang atau sawah saja karena kebisingan genset tidak mengganggu banyak orang disana. Sedangkan jika digunakan di rumah, kebisingan genset open tidak hanya mengganggu anggota keluarga, tapi juga tetangga.

Itulah keunggulan genset silent diandingkan dengan genset open. Itu bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang hendak membeli genset. Sekaligus bila beli jenget, jangan lupa tanyakan informasi keduanya pada yang jual genset agar informasi anda semakin lengkap. 

Comments