Kenali Kelebihan dan Kekurangan Berbelanja Online Di Blibli.com


Apa yang menjadi hal utama yang mendorong anda untuk berbelanja online? Apakah karena harga yang lebih murah? Banyaknya tawaran promo & diskon? Atau bebas biaya ongkos kirim? Di Blibli, semua hal yang tertera diatas bisa anda dapatkan, loh.  

Bagi anda yang masih pertama dan baru ingin mencoba layanan dari e-commerce ini, coba baca artikel ini terlebih dahulu, ya. 

Karena disni kami akan mengulas tentang keseluruhan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Blibli dalam melayani konsumennya. Penasaran apa saja kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh Blibli ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan Blibli


  • Harga yang ditawarkan bersaing walaupun blibli menawarkan beragam produk berbasis shopping mall online. Tentunya keseluruhan produk akan bermerek dan berkualitas
  • Mudah untuk mendapatkan kupon belanja dan beragam jenis promo & diskon di beragam kesempatan tertntu. Bahkan jika anda berlangganan di program newsletter Blibli maka akan diberikan reward sebesar 100 ribu atau mendapatkan 2 buah total kupon belanja.
  • Menerapkan sistem gratis ongkir keseluruh wilayah di indonesia. Tak banyak e-commerce besar yang menerapkan cara ini, loh. Jadi ini merupakan salah satu poin plus yang dimiliki oleh market place selevel Blibli. Belanja akan menjadi sedikit lebih hemat tentunya.
  • Pelayanan pelanggan yang prima, misalnya saja menggunakan livechat untuk menjangkau customer service milik blibli. Karena pasti ada beberapa kendala di suatu waktu yang tentunya memerlukan dukungan dari customer service, dan layanan ini tergolong prima disni (24 jam sehari). Tidak hanya mudah dijangkau dan mudah diakses, pelayanan dari customer service blibli juga cepat, sabar, tanggap dan ramah. Jadi jarang sekali ada pelanggan yang kecewa atas pelayanan mereka.
  • Selain penerapan gratis ongkir, di Bilibli juga diterapkan packing menggunakan kayu untuk jenis pengiriman barang elektronik tanpa biaya tambahan, keren bukan?

Kekurangan Blibli


  • Hanya saja, Blibli tetap memiliki beberapa kekurangan yang menjadi kendala saat proses jual dan beli online. Salah satunya adalah sistem konfigurasi pembayaran melalui transfer bank yang akan memakan waktu lebih lama (sekitar 1 hari kerja) . Dan jika anda melakukan transfer uang melalui bank transfer pada hari libur seperti hari sabtu hingga hari minggu akan mebutuhkan waktu konfigurasi yang lebih lama lagi (sekitar 2 hingga 3 hari). Ini sangat disayangkan, dimana sudah banyak e-commerce sekelas Blibli yang hanya mebutuhkan waktu konfigurasi singkat.
  • Belum tersedianya sistem konfigurasi pembayaran manual dan ini merupakan salah satu hal yang patut dipertimbangkan pihak blibli.
  • Notifikasi atau pemberitahuan hanya akan dikirim pada awal pembelian dan pengiriman barang. Tidak akan ada notifikasi selanjutnya dari perkembangan status order barang yang telah dipesan. Jadi sebagai pembeli, anda harus melihat status barang secara manual dengan mengecek di halaman blibli.com.
  • Walaupun telah menetapkan layanan bebas ongkir, namun penerimaan barang dan pengiriman harus dijemput oleh pickup atau sang kurir secara langsung. Jadi sang partner tidak bisa secara langsung melakukan pengiriman sendiri, ini akan menjadi lebih lama dan menjadi salah satu kelemahan lainnya.

Demikianlah beberapa poin singkat mengenai kelemahan serta kelebihan yang dimiliki oleh Blibli. Dan masalah lamanya perubahan status order dikarenakan kurir bliblilah yang akan mengirimkan barang, ini tetap tersamarkan karena jika anda membeli barang elektronik, maka akan dikemas dengan packing kayu. Ini menjadi hal yang positif dimana, pihak blibli sangat mengutamakan keamanan barang yang diorder oleh pembeli.

Comments